My Networks My Treasure

Jaringan adalah keterampilan penting yang harus didapatkan oleh setiap praktisi Public Relations (PR) serta praktisi-praktisi lain tentunya. Dengan jaringan yang baik sangat mungkin membantu kita mendapatkan pekerjaan atau naik level di industri atau bidang yang sedang kita tekuni. Mengembangkan Jaringan adalah bagaimana kita menciptakan hubungan baru dan membangun serangkaian koneksi di industri. Banyak juga lulusan baru telah mendapatkan pekerjaan atau magang dengan menciptakan hubungan dengan orang-orang yang sudah bekerja dalam industri.

Berikut beberapa Tips membangun jejaring untuk Praktisi PR:

  1. Terlibat: Mulailah dengan menghadiri acara jejaring, Baik di bidang kehumasan atau industri tempat anda bekerja. Perkenalkan diri Anda kepada orang-orang di acara tersebut dan mulailah percakapan dengan mereka. Cobalah untuk menciptakan kesan pertama yang baik yang akan mereka ingat dan mencari anda untuk spesialisasi anda.
  • Bergabung dengan organisasi: Anda disarankan bergabung dengan organisasi hubungan masyarakat seperti PERHUMAS termasuk Perhumas Muda, Forum Humas BUMN jika bekerja di BUMN, Bakohumas untuk Kementerian & Lembaga Pemerintah dan organisasi profesi lainnya.  Organisasi mengadakan banyak acara yang dihadiri oleh para profesional industri. Acara ini memungkinkan Anda untuk menemukan teman, pandangan serta ilmu baru.
  • Mengikuti Kegiatan Kehumasan, Lomba dan Seminar: Selain menambah pengalaman dengan teman baru, mengasah keterampilan lewat lomba-lomba Kehumasan juga mengikuti Seminar untuk senantiasa mengupdate akan ilmu kehumasan dari para ahli, tokoh, teman, praktisi, akademisi dsb.
  • Berbicara dengan semua orang: Selalu bersikap ramah dan berbicara dengan sebanyak mungkin orang. Anda tidak pernah tahu siapa yang mungkin Anda temui di sebuah acara, di transportasi umum dsb.  
  • Siapkan Diri Anda: Buat kartu bisnis Anda sendiri yang merinci informasi dan tingkat kontak Anda. Bersiaplah untuk berbicara tentang diri Anda dan tunjukkan diri Anda dengan tidak berlebihan dan dengan cara yang elegan.
  • Gunakan media sosial: Buat akun LinkedIn dan terhubung dengan profesional PR lainnya. Mereka dapat melihat resume Anda melalui profil Anda, yang merupakan cara terbaik untuk mempromosikan diri Anda.